Tips Hemat Program Hamil

Hallo semua!

- Blog ini 2 hari yang lalu sempat dibekukan oleh sistem anti-spam otomatis¬† WordPress.com karena si mesin salah sangka menyangka blog ini isinya penuh dengan spam. Idiiiiih gitu deh. Padahal kan emang :)). Untungnya setelah berkirim surat ke admin WordPress.com blog ini bisa aktif lagi. Alhamdulillah…

- Minggu lalu saya mendapat email yang menginspirasi saya untuk share pengalaman bagaimana caranya untuk tetap konsisten melakukan program hamil, walaupun kondisi keuangan sedang cekak dan pas-pas-an. Karena, dari buku-buku yang saya baca, untuk program hamil secara alami, kita tidak bisa mengharapkan hasil yang instan. Tubuh kita memerlukan waktu agar seluruh sistemnya seimbang dan siap untuk hamil. Masalahnya, kadang-kadang selalu ada hambatan untuk bisa konsisten, ya kan? Masalah yang paling utama adalah masalah keuangan. Karena pasti kita membutuhkan pengeluaran ekstra untuk membeli suplemen dan sebagainya, yang harganya biasanya ga murah.

Jadi gimana dong?

1. Diagnosa masalah kamu. Karena dengan mengetahui masalah kamu, kamu bisa ‘bekerja’ efektif untuk mengatasinya, memilih makanan atau suplemen mana yang harus dikonsumsi atau ga boleh dan sebagainya.

2. Perbaiki pola makan.

Pertama kali membaca buku-buku tentang program hamil yang membahas nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk kehamilan, saya sempat berpikir, berapa botol dan berapa macam suplemen yang harus saya beli? Untungnya penulisnya juga mengingatkan bahwa suplemen yang paling baik dan paling lengkap adalah makanan itu sendiri, bukan yang berbentuk pil atau kapsul. Ciptaan Allah itu memang yang paling baik ya. Tapi kadang kita malah lebih percaya dengan ‘ciptaan’ manusia :).

Beberapa tips untuk menjaga pola makan ( dan ternyata makanan sehat itu terbukti murah dan malah bisa menghemat pengeluaran sehari-hari kita loh):

- Perbanyak air putih dan teh hijau, hindari minuman lain terutama kopi atau minuman kemasan yang mengandung terlalu banyak gula buatan.

- Perhatikan air yang kamu konsumsi. Sebaiknya jangan pilih air minum di dalam botol plastik karena plastiknya bisa mencemari airnya itu. Tau ngga, racun plastik adalah salah satu racun xenoestrogen loh! Bekal air sendiri setiap hari, lebih aman, lebih sehat, lebih ramah lingkungan, dan lebih hemat…

- Pilih makanan dengan bentuk aslinya dan hindari makanan olahan. Ini berarti mengurangi pengeluaran untuk jajan cemilan, penghematan lagi kan :D. Kalau ingin ngemil, pilih buah-buahan yang ga terlalu mahal tapi mengenyangkan seperti pisang atua pepaya. Sehat dan bonusnya, kulit kamu juga akan lebih cantik. Bisa menghemat budget untuk perawatan juga deh :D.

- Masak sendiri. Percaya deh, ga ada yang lebih sehat dan lebih hemat daripada makan masakan sendiri.

- Kurangi gorengan karena lemak jenuhnya bisa menghambat peredaran darah. Sejak melakukan program hamil, belanja minyak goreng saya berkurang drastis karena kebanyakan makanan yang saya masak selalu direbus, dikukus, atau ditumis yang ga membutuhkan terlalu banyak minyak.

- Kurangi daging dan perbanyak sayuran/buah karena daging bersifat asam yang kurang baik untuk kesuburan, sedangkan sayuran bersifat basa, sehingga bisa menyuburkan kandungan. Ada yang punya pendapat kalau sayuran lebih mahal daripada daging? :)

- Kurangi karbohidrat olahan seperti roti, mie, permen, atau biskuit-biskuit kemasan. Pilih karbohidrat kompleks yang bermutu seperti nasi merah, singkong, bekatul atau ubi. Perut jadi lebih kenyang sehingga ga pengen ngemil, dan badan jadi ga gampang cape juga…Oia, karbohidrat yang bermutu juga mengandung vitamin B kompleks yang bisa membantu menurunkan prolaktin juga loh…

3. Suplemen generik

Saya mengkonsumsi suplemen sejak memulai program hamil ini, dan memang terasa sekali manfaatnya. Sayangnya, kebanyakan suplemen yang beredar di pasaran diimpor dari negara lain dan harganya ga murah. Tapi tenang, masih ada celah untuk bisa terus mengkonsumsi suplemen walau keuangan lagi pas-pas-an kok.

- Suplemen yang paling dibutuhkan oleh tubuh saat ingin hamil adalah omega 3 (minyak ikan) dan folic acid. Kedua suplemen ini tersedia versi generiknya dengan harga yang sangat murraaaah di apotek-apotek. Jadi, kalau beli suplemen di apotek, jangan tergiur sama rayuan sales dan minta suplemen generik. Kandungannya sama-sama aja kok….

- Suplemen yang masih berbentuk herbal dan belum dikapsulkan biasanya harganya jauh lebih murah daripada yang sudah dikemas. Saya kaget waktu tahu harga herbal vitex di toko obat china yang harganya cuma Rp. 2500/40gr (dosis per hari kira-kira 6 gr). Bandingkan sama vitex kapsulan yang harganya di atas 250 rb per botol (biasanya untuk konsumsi 30-45 hari). Atau goji berry yang berbentuk buah kering harganya cuma Rp. 180.000/kg, bandingkan dengan versi botolannya yang harganya bisa Rp. 300-400 ribu.

Memang herbal-herbal yang masih berbentuk ‘asli’ seperti ini harus diolah dahulu sebelum bisa dikonsumsi. Tapi justru mengkonsumsi dengan cara seperti ini katanya khasiatnya akan lebih terasa. Suami saya yang suka bercocok tanam iseng menanam beberapa buah goji berry kering yang saya beli di toko obat china, eh sekarang sudah tumbuh loh kecambahnya….Kalau beli yang botolan, mau ditanam berapa tahun juga jadinya gitu-gitu aja ya :D.

4. Olahraga di pagi hari. Karena di pagi hari selain udaranya masih segar, kita bisa mendapat jatah suplemen vitamin D gratis dengan kualitas yang terbaik, dan kuantitas yang berlimpah: sinar matahari.

5. Coba tips-tips sederhana untuk program hamil.

6. Berdoa. Kadang-kadang saya harus mengingatkan diri sendiri, bahwa segala ikhtiar ga ada artinya tanpa doa, dan doa adalah bagian dari ikhtiar. Kita ga memerlukan biaya atau perantara untuk meminta kepada Allah, dan insya Allah, Dia-lah Sang Maha Pemberi :).

 

 

One thought on “Tips Hemat Program Hamil

  1. siti

    teh,usia qu bru 19th,usia prnikhan qu dh hmpir 6′bln kmrin udh tlat 2′bln,tiba” lngsung dpt haid,ditmbah lg
    qu punya kista,apa mungkin bs cpet hmil??

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s