Literature

Ada dua buku yang saya baca untuk acuan program hamil dan akan saya rekomendasikan untuk siapa saja yang sedang merencanakan kehamilan juga. Karena memang dari awal saya tidak belum tertarik untuk merencakan kehamilan secara ‘high-tec’, jadi saya pilih cara-cara ‘low-tec’ alias yang alami-alami saja dan dua buku ini memang khusus membahas tentang itu. Sayangnya dua-duanya berbahasa Inggris dan saya belum menemukan buku bahasa Indonesia yang sekomprehensif ini. Tapi, insha Allah, tips-tips dari buku-buku ini akan saya tulis di blog ini, okay :)?

1. Infertility Cure

infertity cure

Buku ini membahas komplit plit tentang metoda pengobatan China untuk kesuburan. Penulisnya mempunyai klinik fertility treatment di Amerika Serikat dan…ini yangmenarik, beliau pernah mengalami masa-masa sulit mendapatkan momongan juga. Jadi bisa dibilang tips-tips yang dibagikan di sini sudah dicoba di dapur penulisnya dan rasanya memang lebih ‘kena’ kan kalau mendapat masukan dari seseorang yang pernah mengalami masalah yang sama🙂.

Di buku ini kita bisa mendiagnosa masalah kita sendiri, jadi langkah-langkah selanjutnya pun akan mengacu ke diagnosa itu. Ada daftar makanan yang dianjurkan/tidak dianjurkan, herbal-herbal yang bisa membantu perawatan, titik-titik akupuntur, dan banyak lagi.

Untuk pasangan-pasangan yang ingin memulai program kehamilan secara alami, buku ini pas banget untuk kalian.

2. Making Babies

making babies

Buku ini membahas program kehamilan dari dua sisi, pengobatan modern barat dan pengobatan China. Penulisnya pun dua orang, dokter kandungan spesialis fertilitas dan terapis kandungan yang mempraktekkan pengobatan China. Dua penulis ini biarpun latar belakangnya berbeda, mereka sepakat untuk lebih merekomendasikan pengobatan sealami mungkin. Menurut mereka infertilitas kadang-kadang bisa disebabkan oleh masalah-masalah sederhana seperti gaya hidup, pola makan, cara berhubungan dan sebagainya. Jadi, ibaratnya jangan sampai karena hanya ingin membunuh satu kecoa, satu rumah dibakar. Padahal ditepok aja juga mati kan?😀

Dengan modal dua buku ini (dan hasil googling sana sini) saya mencoba merencanakan sendiri program kehamilan kami. Batas waktu yang saya tetapkan adalah 6 bulan, dimulai dari bulan Januari 2012. Woohoo, tahun baru, program baru. Sip kan?🙂

Bismillahirrahmanirrahiim. Doakan semoga sukses ya. Rabbi habli minashalihiin. Ya Allah, karuniakanlah kepada kami keturunan yang sholeh. Aamiin.

One thought on “Literature

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s