Luteal Phase Defect

Setelah mendiagnosa diri sendiri, mendengar komentar dari beberapa terapis (bukan dokter) yang pernah saya datangi, baca-baca buku dan cari-cari di internet, didapat kalau salah satu masalah saya adalah luteal phase defect (LPD).

Kalau menurut buku yang saya baca, kita, kaum perempuan melewati beberapa phase setiap bulannya. Buku Infertility Cure yang mengacu pada pengobatan China totok, membaginya ke dalam 5 fase, sementara buku Making Babies yang memadukan pengobatan China dan barat membaginya ke dalam 4 fase:

Fase 1 – Menstruasi

Fase 2 – Pre-ovulasi

Fase 3 – Ovulasi

Fase 4 – Potensi implantansi

Para LPD-ers mengalami masalah di fase ke-4 yaitu fase potensi implantansi. Bisa jadi tidak ada masalah dengan sel telur atau pembuahan, tetapi ow ow, pada saat memasuki fase ke-4, tubuh kita tidak bisa mempertahankan sel telur yang sudah dibuahi, jadi luruh deh. Masalah ini bisa dengan mudah teridentifikasi kalau kamu rajin mencatat suhu tubuh kamu setiap pagi alias mencatat BBT chart. Saya tidak­čśÇ.

bbt chart

Ini adalah BBT chart seseorang yang normal. Bisa dilihat pada fase luteal seharusnya suhu tubuh meningkat untuk dapat mempertahankan sel telur yang telah dibuahi, mungkin bayangannya ibarat induk ayam mengerami telur supaya hangat dan telur bisa menetas, begitu kali ya? Nah pada LPD-ers, suhu tubuh tidak mengalami perubahan atau malah menurun. Saya bisa (dan terapis) bisa mengetahui bahwa saya adalah LPD-ers  karena badan saya, terutama telapak kaki, terasa dingin pada fase setelah ovulasi. Tanpa mencatat BBT chart pun sangat terasa.

Ada banyak penyebab terjadinya LPD dan cara menanggulanginya. Yang terpenting untuk saya lakukan sekarang untuk memulai program adalah dengan tidak malas mencatat BBT chart, karena dari  sana saya bisa mengetahui berapa hari sebetulnya fase luteal yang dimiliki oleh tubuh saya (supaya bisa terjadi kehamilan fase ini harus berkisar antara 12-14 hari), dan membandingkan setelah melakukan perawatan apakah ada perbaikan pada fase itu.

Aaaah, rasanya malas bangun tidur harus langsung mencari termometer dan catat-mencatat. Tapiii, karena saya sudah berniat untuk serius melakukan program selama 6 bulan ke depan, ayo buang jauh-jauh rasa malas itu!

Leave a Reply

