Ba Ji Tian (Akar Mengkudu)

Sejak mulai merencanakan kehamilan, saya jadi tambah rajin mencari-cari tanaman-tanaman yang berkhasiat untuk menyuburkan kandungan. Kebetulan di buku Infertility Cure ada daftar lumayan lengkap tentang herbal-herbal yang banyak dipakai pengobatan China untuk meningkatkan kesuburan. Di buku ini dijelaskan juga fungsi-fungsinya, efek samping, dosis harian, nama barat, nama latin dan nama China-nya. Sayang ada yang kurang: nama lokal Indonesia-nya…

Salah satu herbal yang direkomendasi untuk masalah saya –lagi-lagi saya harus mengingatkan kalau masalah saya belum tentu sama dengan kamu :)– adalah morinda atau di China biasa disebut: ba ji tian. Hmmm…morinda, morinda…apakah itu? Karena penasaran saya googling sana sini, dan, eng ing eng…ternyata di Indonesia, morinda biasa dikenal dengan sebutan: MENGKUDU! Kenal? Pastinya…

Kebetulan di halaman rumah kami memang ada pohon mengkudu, setiap hari buah matangnya berjatuhan dan pasti segera disapu terus dibuang karena baunya yang ga nahan. Ya ampun, ternyata si bau ini berkhasiat juga ya. Sayangnya bagian mengkudu yang dibutuhkan ternyata bukan buahnya, bukan juga daunnya, tapi…akarnya. Hiyaaaa…musti ditebang dulu dong tuh pohon. Kalau di Indonesia, akar mengkudu kayanya belum terlalu dikenal sebagai obat kesuburan, tapi lebih dikenal sebagai pewarna batik. Buahnya sih sudah populer banget ya, malah sudah ada versi kapsulnya segala.

Kemarin saya iseng main ke toko obat herbal yang jual berbagai macam bahan baku jamu. Waktu saya tanya akar mengkudu, engkohnya menjawab santai,”Ga ada lah, Neng. Kalau akarnya diambil, habis lah pohonnya.” Aaaah engkoh, ini kan bagian dari usaha saya buat punya baby…Mending nebang pohon mengkudu satu daripada ngeluarin duit berjuta-juta.

By the way, akar mengkudu ini membantu menambah nutrisi kepada ginjal yang kemudian akan menghangatkan dan memperkuat sistem reproduksi. Bukan kata saya loh, tapi kata Ibu Randine Lewis di bukunya itu. Jadi, katanya lagi, akar mengkudu ini cocok banget untuk mereka yang memiliki masalah LPD ( Lutheal Phase Defect). Bonusnya, kualitas sperma suami tercinta juga akan meningkat bila mengkonsumsi akar mengkudu ini, dan juga bagi mereka yang bermasalah dengan persendian herbal ini pun sangat direkomendasikan. Waw, oke juga ya?

Hmmmm….saya jadi ngelirik-lirik pohon mengkudu di depan rumah. Tebang jangan…tebang jangan….tebang jangan……

 

 

Leave a Reply

