Makanan Untuk Kesuburan

Makanan sehat, pastinya akan ikut menunjang program kehamilan. Selama program hamil ini, saya sebisa mungkin berusaha disiplin dalam menjaga pola makan, merancang pengaturan menu sendiri yang harus saya patuhi.

Ini daftar makanan yang harus ada (minimal 80%) di menu setiap hari:

1. Makanan yang dimasak sendiri, supaya saya bisa mengontrol makanan yang masuk ke badan: kebersihannya, minyak yang dipakai, non-MSG, dsb. Sebenernya saya ga terlalu suka masak, tapi segala sesuatu butuh pengorbanan bukan? Bonusnya, jadi lebih hemat juga😀.

2. Makanan hangat, gampang dicerna, ini terutama berhubungan dengan LPD, jadi makanan hangat sangat direkomendasikan untuk saya. Makanan hangat terutama yang dimasak sampai betul-betul matang lebih dicerna nutrisinya oleh tubuh

3. Daging rendah lemak. Dari banyak literatur yang saya baca, diet vegetarian apalagi vegan ga direkomendasikan untuk mereka yang sedang berusaha hamil. Lagian ga tertarik juga sih😀. Tapi harus digaris bawahi kalau dagingnya yang rendah lemak dan non-hormonal ya. Pilih daging sehat misalnya, ayam kampung atau telur ayam kampung atau ikan-ikanan ( air tawar karena jangan air laut karena khawatir kandungan mercury-nya).

4. Sayur-sayuran berdaun hijau, karena mengandung folic acid yang dibutuhkan untuk pembentukan otak janin. Jadi, sekarang semangat deh makan sayur bening🙂.

5. Biji-bijian, kecambah atau kacang-kacangan. Kata nenek juga makan taoge atau kacang hijau bagus untuk kesuburan. Tapi bukan cuma itu aja, kacang-kacangan lain juga bagus kok, walnut katanya bagus untuk memproduksi progesteron, kacang mede juga bisa jadi alternatif cemilan sehari-hari, dan bekatul, i looooove bekatul. Tapi ga disarankan untuk terlalu banyak makan kacang tanah karena katanya susah dicerna tubuh (biarpun tetep aja saya sering makan pecel yang ada saos kacangnya :D).

6. Rempah-rempah yang menghangatkan tubuh, penjelasannya sama kaya poin no. 2. Jahe, kayu manis, mint, kapulaga, bawang merah/putih, cabe, cengkeh, hampir selalu ada di makanan padang. Loh? Kesimpulannya, makan rendang bagus untuk kesuburan😀.

7. Umbi-umbian, makanan alternatif untuk pengganti nasi yang bergizi tinggi. Ubi merah atau ungu mengandung betakaroten yang tinggi, singkong atau talas juga adalah sumber protein. Tapi favorit saya tetep ubi cilembu yang yummy untuk jadi cemilan.

8. Lemak sehat, contoh dari alpukat, pisang, minyak kelapa atau minyak zaitun. Lemak ga selalu berarti negatif, dan tetap dibutuhkan tubuh terutama untuk menunjang kesuburan. Kebetulan saya sukaaa sekali alpukat dan sekarang lagi musim pula.Cocok!

9. Teh, terutama teh hijau mengandung antioksidan yang menunjang kesuburan. Kata buku Making Babies, perempuan yang meminum teh setiap hari mempunyai kemungkinan hamil yang lebih besar daripada yang tidak.

 

Nah sekarang, makanan-makanan yang harus dijauhi:

1. Makanan yang digoreng atau dibakar. Gorengan mengandung lemak jenuh yang bisa menghambat peredaran darah, makanan yang dibakar biasanya ga matang sempurna, rawan bakteri berbahaya seperti salmonella atau rubella, dan karbon pembakarannya bersifat karsiogenik.

2. Makanan mentah, karena rawan bakteri dan lebih susah dicerna tubuh. Sayur-sayuran sebaiknya dikukus, ditumis, atau dikukus sebentar sebelum dimasak.

3. Makanan/minuman dingin, juga karena lebih susah ‘diterima’ oleh tubuh, membutuhkan lebih banyak energi untuk mencernanya, padahal kita sedang membutuhkan energi itu untuk proses pembuahan. Jangan makanan/minuman yang baru keluar dari kulkas, diamkan dulu sebentar sampai suhunya menghangat.

4. Makanan manis, terutama untuk LPD-ers karena gula membuat tubuh menjadi dingin.

5. Makanan yang terbuat dari tepung putih, karena akan direspon tubuh sebagai gula, juga karena nutrisi dari tepung putih sudah sangat berkurang. Berarti, musti pilih-pilih kalau mau makan: pasta, roti, cake, mie, dsb. Pilih makanan yang terbuat dari tepung whole wheat/utuh yang gizinya lebih tinggi.

6. Makanan olahan, pilih makanan yang masih bisa dilihat bentuk aslinya. Makanan olahan termasuk: sosis, nugget, bakso, dsb.

7. Jus buah, karena kandungan gulanya terlalu tinggi. Sebaiknya pilih buah-buahan segar yang utuh.

8. Susu dan olahan susu, karena sulit dicerna oleh tubuh. Ini berarti termasuk keju juga ya…( oh no!)

9. MSG. Big no no! Saya sendiri sebenarnya termasuk orang yang anti MSG karena menurut saya ga enak. Perhatian, ga ada lagi mie instan, keripik-keripikan, dsb.

10. Kopi, berbeda dengan teh, kopi bisa mengurangi kesuburan karena kandungan kafeinnya yang terlalu tinggi. Ooooh ngelirik setoples kopi luwak, sampai ketemu lagi kalau saya sudah punya anak, insha Allah🙂.

 

One thought on “Makanan Untuk Kesuburan

  1. Wulan

    loch banyak yang menganjurkan susu kok, karena susu mengandung kalsium dan asam folat. baik itu medis maupun non medis. tapi dia mintanya susu putih .

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s