Qi Gong

Salah satu hobi saya adalah olahraga. Sebelum saya banyak membaca tentang program kehamilan, saya suka merasa heran sendiri, saya hobi olahraga dan merasa badan saya sangat fit, lebih fit dibandingkan orang lain. Tapi kenapa saya ga hamil-hamil dan mereka hamil sih?

Lama-lama baru saya tahu kalau olahraga yang sering saya lakukan adalah olahraga ajrut-ajrutan alias high impact, dan itu sebaiknya dihindari pada saat merencakan kehamilan. Olahraga sebetulnya sangat direkomendasi untuk kita-kita ini yang pengen hamil, karena olahraga bisa membantu melancarkan peredaran darah, membuang racun-racun tubuh via keringat, dan meningkatkan vitalitas. Tapi, harus pilih-pilih juga olahraganya ya.

Beberapa olahraga yang relatif ‘aman’ dan bagus untuk mereka yang sedang merencanakan kehamilan:

Jalan kaki, terutama di pagi hari supaya tubuh bisa mendapat banyak asupan vitamin D dari sinar matahari pagi.

Bersepeda, di jalan yang datar dan rata. Jangan offroad dan nanjak-nanjak dulu ya😉.

Berenang, tapi hati-hati untuk beberapa kasus masalah, berenang di AIR DINGIN tidak dianjurkan.

Yoga, hati-hati juga untuk beberapa kasus HOT YOGA tidak danjurkan. Pose-pose yang membuat bagian perut berkontraksi juga tidak dianjurkan.

Pilates,seperti yoga, pose-pose yang membuat bagian perut berkontraksi juga tidak dianjurkan.

Qi gong atau taichi. Waktu jaman kuliah dulu, saya pernah belajar olahraga pernafasan dan memang efeknya terasa sekali untuk tubuh. Dengan jadwal kuliah yang padat dan tugas yang menumpuk, saya bisa tidur cuma empat jam sehari dan tidak capek sama sekali thanks to olahraga pernafasan ini.

Qi gong sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh mereka yang ingin hamil, karena gerakannya ringan, dan sifatnya meditatif, jadi membantu mengurangi stress juga. Saya dan suami sekarang setiap pagi selalu menyempatkan untuk meniru gerakan qi gong dari youtube. Bisa dibilang kami ketagihan. Dan memang bisa menghilangkan stress karena kami suka saling menertawakan waktu meniru gerakan qi gong yang lucu😀.

Leave a Reply

