Progres 15 Januari 2012

Happy Anniversary!

Yup hari ini adalah anniversary kami yang ke-6. Yiiihaaaa.Alhamdulillah.

Terimakasih suamiku sayang untuk semua kesabaran, support, kasih sayang, hiburan-hiburan, nasihat dan lain-lainnya selama ini. I love you so much!

Hari ini juga, adalah hari ke 24 dalam siklus saya. Deeeeuh tambah deg-deg-an deh, karena bulan lalu, siklus saya 26 hari, atau kalau agak panjang bulan-bulan sebelumnya sekitar 28 hari. Harap harap cemas harap harap cemas. Kemarin BBT saya agak turun, setelah sebelumnya selalu naik. Biarpun cuma 0.2 derajat Celcius, tapi dengan kondisi deg-deg-an gini, langsung deh heboh kenapa suhunya turun? Karena fase luteal phase minimal berlangsung selama 12-14 hari, kemarin baru 11 hari, dan selama fase itu suhu tubuh harus stabil dan cenderung meningkat. Setelah baca-baca lagi dua buku sakti ini, dan membandingkan dengan BBT chart yang normal, ternyata naik turun kalau cuma sedikit masih wajar. Alhamdulillah hari ini meningkat lagi 0.1 derajat Celcius. Lanjutkan!

Btw ternyata mencatat BBT chart tidak semenyebalkan yang saya duga. Biarpun aturannya suhu tubuh yang ideal untuk dicatat adalah setelah tidur minimal 5 jam, tapi saya ga bisa tidur terus-terusan tidur malam selama itu😀. Biasanya sekitar 3-4 jam kebangun, dan daripada nanti-nanti lupa, langsung saya ukur saat itu juga. Enaknya dengan mencatat BBT ini, saya jadi bisa memantau terus progres dari program kehamilan yang sedang berlangsung, dan kalau kira-kira suhunya ‘off’ dari chart yang normal, bisa langsung diambil tindakan untuk membantu suhu tubuh kembali on track. Insha Allah kapan-kapan saya akan menulis lebih detail tentang BBT ini.

Setelah masa ovulasi, treatment yang saya lakukan lebih hati-hati karena ini adalah masa-masa sensitif. Suplemen yang dikonsumsi ‘cuma’ habbatusauda, minyak ikan omega 3 (ngomong-ngomong akhirnya saya berhasil nemu minyak ikan yang halal), spirulina, folic acid, dan vitamin E. Vitex dan ba ji tian a.k.a akar mengkudu juga masih dikonsumsi untuk menjaga ‘Yang’ alias kehangatan tubuh. Bekatul campur kayu manis dan serbuk kurma juga sekarang udah jadi makanan sehari-hari. Program diet diusahakan sedisiplin mungkin. Suami tercinta tuh yang bertugas jadi polisi makanan, apalagi kalau ada gorengan hangat yang menggoda di musim hujan ini….Aaaah ngiler…

Treatment yang berkontak langsung dengan perut sebaiknya dihindari sama sekali, misalnya pijat, kompres dengan air panas, atau pakai minyak kayu putih di sekitar perut. Beberapa titik akupuntur/akupresur juga ada yang ‘setrum’nya langsung berhubungan ke perut terutama uterus, jadi harus diperhatikan. Di buku Making Babies, di fase ini treatment yang direkomendasi untuk perut cuma teknik ‘warm hands’. Caranya, berbaring yang nyaman dengan bagian bawah lutut diganjal satu buah bantal (satu aja ga usah banyak-banyak), trus tumpuk kedua telapak tangan di atas perut bagian bawah. Teknik ini akan menghangatkan bagian uterus tanpa berlebihan dan nyaman untuk dilakukan. Minimal tangannya disimpan di sana selama 5-10 menit ya…

Saya di fase ini hampir setiap malam merendam kaki dengan air hangat. Enak loh, selain bisa menjaga tubuh selalu hangat, juga relaxing banget. Supaya lebih pol, sebelum tidur telapak kaki saya oleskan dengan minyak kayu putih trus pakai kaus kaki. Awalnya nemu ide ini beberapa bulan yang lalu gara-gara batuk lumayan parah. Karena ga suka dan ga mau minum obat, saya googling di internet cara-cara lain untuk mengobati batuk. Di salah satu forum ada yang membagi tips: mengoleskan vicks vaporub agak banyak ke telapak kaki, trus pakai kaus kaki. Ajaib, batuknya jadi berhenti dan cepat sembuh. Mungkin….mungkin yaa…karena hampir semua syaraf tubuh berpusatnya di telapak kaki, jadi rasa hangat di sana ikut membantu penyembuhan. Nah siapa tahu bisa membantu program hamil juga🙂.

Inginnya sih untuk hadiah annyversary tahun ini, Allah SWT mengaruniai kami dengan keturunan. Dengan semua ikhtiar yang sudah dilakukan, sekarang tinggal tawakal dan berdoa banyak-banyak, semoga dalam 2-4 hari ini ‘tamu’ yang biasanya rutin datang, ga akan datang lagi sampai 9 bulan ke depan. Aamiin….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s