I Live, I Learn

Rasanya kurang tepat kalau program bulan lalu dibilang gagal. Karena, itu adalah bagian proses, dan sebenarnya saya juga merasakan beberapa kemajuan setelah menjalankan program hamil ini.

Tapi, jujur saya memang kecewa karena target yang diharapkan, yaitu kehamilan belum kesampaian. Beberapa hari pertama di siklus bulan ke-2 ini rasanya bete berat. Biarpun saya sepenuhnya sadar terlalu naif untuk mengharapkan hasil instan, tapi….mungkin karena sudah lama menunggu dan berharap untuk mempunyai momongan, rasanya saya ga ingin untuk menunggu lebih lama lagi.

Memang lebih mudah untuk ga melakukan program sama sekali, karena saya akan tidak terlalu berharap dengan semua gejala-gejala yang saya rasakan di tubuh saya. Akhirnya saya berkesimpulan kalau masalah saya bukan cuma masalah fertility, tapi juga konsistensi. Dan saya harus bisa mengatasi keduanya.

Jadi, bulan ke-2 ini, biarpun malaaas dan tidak seantusias bulan pertama, saya membuka-buka lagi buku-buku yang saya baca, menyamakan petunjuk di buku dengan gejala-gejala yang saya rasakan bulan lalu. Saya mencoba mengingat seluruh detail, apa yang saya rasakan sebelum masa ovulasi, ketika ovulasi, setelah masa ovulasi. Apa yang sudah saya konsumsi dan apa yang belum. Apa yang kira-kira salah dan apa yang kira-kira sudah benar. Semuanya.

Ribet? Ya memang. Kadang-kadang rasanya iri melihat berita kehamilan atau kelahiran dari teman-teman dan saudara-saudara. Kok mereka bisa mudah sekali sih hamil? Tapi begitu pikiran itu muncul, selalu saya usahakan untuk membuangnya jauh-jauh. Saya tidak ingin memelihara pikiran negatif yang akhirnya membuat saya tidak mensyukuri anugerah Allah yang lain. Audzubillah.

Tapi saya optimis. Insya Allah doa dan ikhtiar saya akan membuahkan hasil. Rasa malas saya usir jauh-jauh dengan mengingat-ingat lagi alasan kenapa saya dan suami ingin terus serius melakukan program hamil. Karena kami ingin memiliki keturunan yang sholeh untuk investasi kami di dunia akhirat. Insya Allah the baby (ies) will come. One day. One fine day.

 

Leave a Reply

