Femoral Massage

Saya pernah sekilas menyebut tentang femoral massage, teknik pijat yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah ke uterus dan ovarium. Saya sendiri, dua bulan terakhir ini sudah mempraktekkannya setiap hari ketika selesai menstruasi sampai saat ovulasi. Rasanya enak loh, perut bagian bawah dan kaki langsung terasa hangat setiap kali mempraktekkan pijat ini. Tertarik mencoba?

Sebelum memulai, ada beberapa tips:

1. Femoral massage lebih efektif dilakukan oleh orang lain, tapi dari pengalaman pribadi, untuk mencari titik yang tepat sebaiknya dilakukan sendiri dulu karena kita yang paling dapat merasakannya. Baru setelah titiknya ditemukan, minta tolong suami untuk melakukannya.

2. Femoral massage hanya boleh dilakukan setelah mens dan sebelum masa ovulasi. Tidak boleh dipraktekkan kepada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung, masalah sirkulasi, atau stroke.

Caranya:

1. Berbaring santai dan nyaman.

2. Raba daerah sepanjang ‘bikini line’, dari tulang kemaluan sampai tulang pinggul, cari titik yang berdenyut paling kencang (lakukan di salah satu sisi dahulu, baru pindah ke sisi lainnya).

3. Tekan titik tersebut sampai denyutannya berhenti, tahan 30-45 detik.

4. Lepaskan tekanan. Kalau kamu melakukannya dengan benar di titik yang tepat, kamu akan merasakan darah mengalir cukup kencang dan akan terasa hangat di seluruh kaki.

5. Lakukan di sisi yang lain.

6. Lakukan di masing-masing sisi 3x, 1-2 kali sehari.

7. Kalau kamu melakukannya sendiri, tanpa bantuan, lebih efektif jika menggunakan alat bantu sederhana seperti bola tenis untuk memijat titik yang bersangkutan.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s