Randine

Di awal-awal program hamil sekitar 2 bulan yang lalu, saya iseng-iseng kirim email ke Randine Lewis, penulis buku Infertility Cure via webnya. Inti isi emailnya bercerita kalau saya sedang mengikuti tips-tips beliau untuk program kehamilan alami, dan bertanya tentang hubungan kehamilan dengan rhesus negatif juga, bagaimana teori pengobatan cina melihat masalah tersebut.

Memang golongan darah saya adalah O-, dan dapat menimbulkan masalah apabila terjadi kehamilan kalau rhesus (RH)/tipe golongan darah suami saya positif. Kalau seandainya hamil, dan janin yang dikandung memiliki golongan darah RH +, akan terjadi ketidakcocokkan antara sistem tubuh ibu dan janin yang menyebabkan tubuh ibu membentuk antibodi yang dapat membahayakan bayi.

Sampai sekarang hubby belum pernah cek RH sih, tapi kalau pada akhirnya saya positif hamil, dia harus cek RH. Biarpun begitu, saya yakin RH- ini ga berpengaruh dengan kondisi saya yang belum hamil sampai sekarang, karena banyak juga saudara-saudara saya yang memiliki RH- tapi, alhamdulillah, dikaruniai anak. Banyak malah.

Oke balik lagi ke soal email. Setelah beberapa minggu email saya ga dibalas oleh Randine Lewis, saya pikir mungkin memang ga akan dibalas. Tapiiii ternyata pagi ini saya cek email, dan ada deh email balasannya….Senangnyaaaa, pagi-pagi udah dapat kejutan yang menyenangkan.

Kata Randine, di teori pengobatan cina masalah RH ga ada bahasannya. Mungkin karena jaman dulu masyarakatnya relatif homogen dan belum ada pernikahan campur antar bangsa. Saya dan suami sama-sama orang Indonesia sih, saya orang Jawa dan suami keturunan Sunda-Palembang. Tapi kalau dilihat dari tampang mungkin sih nenek moyang kita pernah ada yang menikah dengan bangsa mancanegara sana. Suami saya yang sipit mungkin ada keturunan Xinjiang-nya, saya yang belo mungkin ada keturunan Indianya…#ngarepšŸ˜›.

Anyway, menurut Randine, karena pembahasan tentang RH ga ada di teori pengobatan cina, mau ga mau ya cara terbaik adalah ikut pengobatan Barat dengan suntik anti-D, yaitu suntikan yang menghalangi tubuh ibu membentuk antibodi. Salah seorang sepupu saya yang ber-RH negatif dan sekarang sudah memiliki 3 orang anak, selalu mendapat suntikan anti-D ini di setiap kehamilannya dan alhamdulillah semua anaknya terlahir sehat.

Di ujung emailnya Randine juga berharap semoga program hamil saya akan berhasil dalam waktu dekat ini. Amiiiiiiin.

Email ini bikin saya lebih semangat untuk konsisten deh. Lanjutkan! Insya Allah the baby will come…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s