FAQ-Frequently Asked Question

Haiii….apa kabar semua? Lama ga berjumpa😀. Karena udah lumayan lama ga nulis a.k.a curhat di blog ini, lumayan banyak juga komentar dan pertanyaan yang masuk yang belum saya respon. Maaf ya….Sekarang saya respon semuanya deh, borongan jadinya :D….

Q : Udah hamil?

A: Belum. Itu salah satu alasan kenapa saya agak jarang nulis di sini (seengganya untuk beberapa bulan ke belakang, ga tau ke depannya ;P), karena saya butuh rehat sejenak dari urusan baby program yang ternyata lumayan banyak menguras pikiran, emosi dan biaya juga. Awalnya sempat down, karena setelah usaha lumayan serius selama beberapa lama, Allah SWT masih belum ngasih rejeki keturunan juga, sementara orang-orang lain bisa dengan gampang banget hamil. Tapi, alhamdulillah, saya berusaha untuk lebih ‘mengerti’ rencana Allah SWT dengan mendekatkan diri kepadaNya, and it works🙂.

Masa-masa turning point saya adalah waktu saya coba untuk terapi ke Gunung Pancar (kayanya saya pernah cerita di salah satu postingan). Di sana waktu terapis-nya mendiagnosa, dia bilang, “Ini sih masalahnya karena kamu gampang stress, semua masalah dipikirkan berlebihan, jadinya kandungannya juga terpengaruh.” Herannya, saya diberi masukan begitu, malah jadi tambah stress lagi :)). Saya malah kepikiran, gimana dong caranya supaya saya ga gampang stress? Saya malah kepikiran, jadi semua diet dan usaha macam-macam yang saya lakuin kemarin ga ada gunanya sama sekali? Saya kepikiran semuaaaaaa yang negatif-negatif. Sampai akhirnya saya bilang ke diri saya sendiri, “Kalau belum punya anak kamu gampang stress, apalagi kalau sudah punya anak.” Pasti stressnya lebih berlipat-lipat lagi.

Karena saya sangat membutuhkan ketenangan, di mana lagi bisa mendapatkan ketenangan itu selain dari Allah SWT. Sebelumnya, saya memang membiasakan membaca Qur’an setiap hari. Tapi di saat-saat itu, saya memutuskan untuk membaca Qur’an setiap selesai shalat 5 waktu. Subhanallah, keputusan saya betul-betul tepat. Karena pikiran negatif di otak saya langsung hilang seketika. Setiap baris yang saya baca memberikan jawaban untuk semua pertanyaan, kekhawatiran, dan harapan-harapan saya. Akhirnya saya bisa lebih mengerti dan menerima semua hal yang terjadi dalam kehidupan saya, TANPA merasa putus asa untuk terus berusaha, dan berdoa berdoa berdoa.

Q: Sekarang program/ikhtiar apa yang lagi dijalanin?

A: Karena sekarang lagi bulan Ramadhan, pasti ikhtiar no.1 nya adalah berdoa sebanyak-banyaknya. Sebelum Ramadhan saya banyak mendengar ceramah tentang doa dan mustajabnya bulan Ramadhan, jadi saya ga mau melewatkan peluang itu. Harus tetap optimis dong kalau doa saya akan terkabul, insha Allah🙂.

Saya juga tetap meneruskan gaya hidup sehat dan organik: pola makan sehat, memakai bahan alami untuk perawatan sehari-hari dan rumah tangga, dan olahraga (biarpun lebih sering malasnya :P). Saya suka kebiasaan baru yang sudah saya terapkan beberapa bulan terakhir ini, karena saya merasakan benefitnya. Sebaliknya untuk suplemen, libur dulu ya😀. Karena saya dan suami sedang merenovasi rumah yang membutuhkan biaya besaaaaaaar. Jadi ikhtiar yang mahal-mahal nanti dulu…

Oia, saya dan suami juga minum jamu kesuburan. Jamu ini homemade, buatan Baba Kuya, Bandung. Hubby sih benci banget bau dan rasanya, tapi saya suka pengaruhnya, karena mens jadi lancar, ga sakit, dan selesai lebih cepat.

Q: Di mana beli buku Infertility Cure dan Baby Program?

A: Dulu saya beli di juraganbuku dot com. Tapi buku Baby Program sempat saya lihat juga dijual di toko buku Periplus. Untuk yang punya teman/saudara atau yang lagi jalan-jalan ke Singapura, bisa cari di toko khusus buku kedokteran (kalau ga salah di salah satu mall di Newton, xixixi maap lupa nama mall atau toko bukunya).

Q: Di mana beli vitex?

A: Saya pernah lihat ada beberapa toko online di Indonesia yang menjual vitex dkk. Kalau saya waktu itu pesan sama saudara di Australia, merk blackmores, harganya cuma sekitar AUS$ 11. Murah ya? Mau lebih murah lagi? Coba cari ke toko obat cina: Man Jing Zi. Dapet deh vitex dalam bentuk aslinya.

Q: Kenapa ga ikut program inseminasi atau bayi tabung?

A: Saya dan suami, in sha Allah sudah memutuskan untuk ga ikut program insem atau bayi tabung. Alasannya sederhana: terlalu mahal. Sebetulnya uang bisa dicari, tapi sebagai muslim, kita mengimani bahwa hidup ga cuma sekali di dunia ini aja. Masih ada kehidupan lain yang lebih panjang dan butuh lebih banyak perbekalan di akhirat nanti. Semua hal yang kita lakukan sekarang akan dipertanggungjawabkan kemudian, juga semua rupiah yang kita keluarkan. Biaya untuk program-program yang membutuhkan puluhan juta rupiah itu, kami pikir lebih tepat untuk dipakai membiayai anak-anak terlantar yang SUDAH ada di dunia ini, daripada berusaha untuk menghadirkan anak lain yang BELUM ada di sini.

Q: Susu, sebaiknya jangan diminum?

A: Saya bukan ahli gizi dan semua yang saya tulis di sini adalah copy-paste dari buku-buku yang saya baca. Yang saya bacasusu memang sehat SELAMA itu adalah susu segar. Untuk susu bubuk, banyak nutrisionist yang tidak menganjurkan karena kandungan gizinya sudah tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara itu jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sudah masuk, semoga ga ada yang kelewat😀. Last but not least, saya ingin membagi ‘the ultimate tips’ untuk teman-teman di luar sana yang sama-sama masih berharap datangnya keturunan: jangan pernah berhenti untuk berdoa. Untuk yang muslim, kita harus betul-betul meyakini bahwa kalau Allah SWT tidak mengabulkan doa kita di dunia, berarti masih ada dua keuntungan lain: pertama, doa kita akan dikabulkan di akhirat, dan ketika hamba-hamba melihat hasil doa-doanya di akhirat mereka akan berharap tidak ada doanya yang terkabul di dunia. Yang kedua, Allah SWT menghindarkan kita dari suatu keburukkan dan memberi kita penggantinya yang jauh lebih baik. Jadi, nothing to loose kan?😉

Untuk yang muslim juga, pasti sudah sangat familiar dengan doa minta keturunannya Nabi Zakariya as. Coba deh tonton tafsir surat Maryam ini, yang menjelaskan lebih detil tentang doa ini. So beautiful!

4 thoughts on “FAQ-Frequently Asked Question

  1. pipiet palupi

    Assalamualaikum..
    Sist,sy jg lg program pengen hamil neh..pas browsing,dapet blog ini. Seneng deh baca nya,jd dpt banyak input n motivasi. Btw, td yg bilang dpt vitex dari toko obat cina: Man zing ji tuh,maksudnya nama toko cina nya apa nama vitex dlm bhs cina?
    Makasih ya.wassalam

    Reply
  2. Ayu

    Assalamualaikum Sist…
    Saya juga sedang mendambakan kehadiran buah hati. Tapi melihat pekerjaan saya dan suami yang menguras banyak otak dan perasaan…..Bagaimana yah caranya / tips2nya mengatasi Stress kami ini…..

    Terima Kasih

    Reply
  3. ayu

    Mksh mbak..blog nya bermanfaat banget&bikin semangat yg baca.. ^_^ sy br married 1 th tp ada kista&br mulai program hamilnya,baca ini jd banyak tahu informasi & yg pst mulai rubah pola hidup sehat dr skr

    Reply

Leave a Reply

